Pengaruh Dunia Dewasa Pada Permainan Anak-Anak

Pengaruh Dunia Dewasa Pada Permainan Anak-Anak -Kawan budaya Tradisi Nuswantoro kebudayaan atau tradisi sebuah bangsa merupakan sebuah jati diri bangsa. Karena dengan adanya tradisi kita tahu siapa kita sebenarnya dan dari mana kita berasal. Budaya dan tradisi Nusantara atau Nuswantoro sangatlah banyak. Dari segi bahasa pakain kuliner sampai dengan upacara keagamaan ada semua di bumi Nuswantoro ini.Sehingga kami ingin mengajak kawan budaya untuk lebih mengenal Pengaruh Dunia Dewasa Pada Permainan Anak-Anak dan tahu akan lebih banyak tentang seluk beluknya.

Kita wajib untuk mengetahui akan semua itu. Karena kita bangsa yang besar dan Bangsa yang besar selalu menghargai akan budaya dan tradisi serta sejarahnya. Jangan sampai kita tidak tahu tentang Pengaruh Dunia Dewasa Pada Permainan Anak-Anak. Bisa jadi esok atau lusa kita tidak akan pernah mengenal atau melihatnya jika bukan kita yang melestarikan budaya dan tradisi nuswantoro ini.



Untuk menambah wawasan kita tentang budaya dan tradisi nuswantoro berikut artikel yang lainya



Permainan anak-anak zaman dulu kadang memiliki tenaga penyerap yang kuat terhadap berbagai peristiwa yang terjadi di luar dunia kanak-kanak itu sendiri, yaitu peristiwa-peristiwa yang terjadi di dunia orang dewasa. Di daerah berbahasa Jawa misalnya, ada permainan yang mengungkapkan susah payah seorang janda tua yang mempunyai banyak anak dan ingin menitipkan anak-anaknya tersebut sebagai abdi pada orang lain yang memiliki kekayaan dan kekuasaan. Tetapi orang kaya itu sangat pelit, sehingga menderitalah anak-anak tersebut karena diperlakukan dengan sewenang-wenang.

Bentuk permainan ini sendiri dimainkan dengan cara dinyanyikan dan tarian sederhana sehingga mirip sendranyanyi kecil. Seorang anak perempuan yang dianggap tertua berperan sebagai si janda. Ia berada di tengah dan dengan tangan kanan dan kiri menggandeng anak-anak lain yang saling bergandeng pula membentuk deret panjang: itulah anak-anak si janda. Di seberang deretan tersebut, agak jauh, duduk seorang anak yang berperan sebagai orang yang memiliki kekayaan dan kekuasaan. Sambil bergerak maju mundur berulang kali, deretan anak-anak itu menyanyikan sebuah syair, yang dalam bahasa Indonesia bisa diterjemahkan sebagai berikut:

Soyang, soyang
Lukislah hati pelangi
Hai upik dari Semarang
Ya, ya, bu.. Ya, ya, pak..
Putraku adipati
Salamku padamu, aku datang ke sini.

Selesai syair itu dinyanyikan, deretan anak-anak yang melangkah maju dan mundur itu pun berhenti dan kemudian berjongkok di muka anak yang berperan sebagai orang tempat mengabdikan diri tadi. Si janda berhadapan muka dengan orang itu, sesudah terlebih dahulu menirukan bunyi ketukan pintu:

- Tok, tok, tok…

Ketukan pintu itu disambut dengan sapaan :

+ Siapa itu?

Dan dijawab oleh si janda dengan:

- Saya

Kemudian diantara keduanya pun terjadi dialog berturut-turut sebagai berikut:

+ Ya, siapa?
- Saya, mak janda dari Dadapan
+ Mau apa?
- Saya mau menitipkan anak saya sebagai abdi di sini
+ Anak yang mana?
- Yang ini.
+ Baik kuterima, asal ia mau kuberi nasi sekepal, sambal secalit, kuah setetes, dan minumnya pun seteguk. Tidurnya mesti di luar rumah berbantalkan kentongan.

Mendengar penjelasan itu mak janda mengurungkan niatnya. Bersama anak-anaknya yang berada dalam deretan itu ia pun bangkit berdiri dan melangkah mundur, kemudian melakukan lagi gerakan maju mundur berulang-ulang sambil menyanyikan bait berikutnya yang bisa diterjemahkan sebagai berikut: 

Sungguh tak rela
Sungguh tak rela
Anakku kau perlakukan semena-mena

Tetapi kemiskinan yang merundungnya memaksa mak janda untuk mau tak mau menyerahkan anaknya, betapa pun sedih hatinya. Demikianlah, sementara ia bersama anak-anaknya dalam deretan bergerak maju mundur, dinyanyikanlah bait-bait selanjutnya:

Lantang tangisnya semasa bayi
Lantang tangisnya semasa bayi
Sekarang anakku hendak mengabdi
Kunyit dan cekur, hu
Kunyit dan cekur, hu
Anakku jadi babu

Akhirnya deretan yang bergerak maju mundur sambil menyanyikan bait-bait itu berhenti dan jongkok di muka anak yang berperan sebagai orang tempat mengabdikan diri tersebut. Sesudah mak janda menirukan kembali bunyi ketukan pintu, terjadi dialog yang mengakhiri permainan gelombang pertama permainan itu:

+ Ya, siapa?
- Saya, mak janda dari Dadapan
+ O ya, jadi bagaimana dengan anak itu?
- Baiklah, sekarang kuserahkan dia

Gelombang kedua dan gelombang-gelombang selanjutnya permainan itu kembali lagi seperti semula dengan penyerahan anak kedua, ketiga, dan seterusnya hingga habislah semua anak mak janda dalam deretan tersebut dan tinggalah ia seorang diri saja lagi.

Demikianlah, permainan ini sebenarnya mengungkapkan peristiwa sosial yang menyangkut penderitaan janda tua yang miskin dan banyak anak, satu diantara banyak peristiwa serupa yang terjadi di kalangan rakyat tempat permainan ini berasal.



Trimakasih Kawan budaya telah membaca dan menyimak Pengaruh Dunia Dewasa Pada Permainan Anak-Anak

Indah dan kaya bukan budaya kita ini yang terutama di bumi nuswantoro ini dan semoga dengan hadirnya Pengaruh Dunia Dewasa Pada Permainan Anak-Anak. Dapat membuat kita lebih banggga dan semangat lagi untuk melestarikan dan mengembangkan budaya nuswantoro ini. Ingatlah bahwa budaya kita ini adalah budaya dan peradaban yang luhur jangan sampai kita lengah dan diakui oleh bangsa lain. Salam Budaya Nuswantoro buat kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengaruh Dunia Dewasa Pada Permainan Anak-Anak"

Posting Komentar