Mantra Memanggil Angin Versi Orang Jawa

Mantra Memanggil Angin Versi Orang Jawa -Kawan budaya Tradisi Nuswantoro kebudayaan atau tradisi sebuah bangsa merupakan sebuah jati diri bangsa. Karena dengan adanya tradisi kita tahu siapa kita sebenarnya dan dari mana kita berasal. Budaya dan tradisi Nusantara atau Nuswantoro sangatlah banyak. Dari segi bahasa pakain kuliner sampai dengan upacara keagamaan ada semua di bumi Nuswantoro ini.Sehingga kami ingin mengajak kawan budaya untuk lebih mengenal Mantra Memanggil Angin Versi Orang Jawa dan tahu akan lebih banyak tentang seluk beluknya.

Kita wajib untuk mengetahui akan semua itu. Karena kita bangsa yang besar dan Bangsa yang besar selalu menghargai akan budaya dan tradisi serta sejarahnya. Jangan sampai kita tidak tahu tentang Mantra Memanggil Angin Versi Orang Jawa . Bisa jadi esok atau lusa kita tidak akan pernah mengenal atau melihatnya jika bukan kita yang melestarikan budaya dan tradisi nuswantoro ini.



Untuk menambah wawasan kita tentang budaya dan tradisi nuswantoro berikut artikel yang lainya



Ketika saya kecil saya ingat satu hal yaitu setiap akan bermain layang-layang di tegalan, saya bersama teman-teman sepermainan tidak pernah melewatkan satu ritual kecil untuk mengundang angin sebelum menerbangkan layang-layang.

Ritual itu berupa mengucapkan (menyanyikan?) sebuah mantra mirip puisi folk-rhyme. Saya masih ingat betul kata perkata dari mantra itu. Beginilah bunyinya :

Cempe, cempe,
Undangna barat gedhe,
Tak opahi duduh tape… 

Yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia akan berbunyi seperti ini :

Domba kecil, domba kecil,
Panggilkan angin kencang berderai,
Kuupah kau nanti dengan air tapai… 

Seperti halnya mantra lain, pencipta mantra mengundang angin ini pun bersifat anonim, tidak diketahui siapa penciptanya. Hebatnya, mantra demikian banyak sekali ragamnya dan diwarisi turun-temurun dikalangan kanak-kanak dari generasi yang satu ke generasi berikutnya tanpa banyak perubahan. Makanya, mungkin saja meski berbeda daerah, asal daerah yang bersangkutan berbahasa Jawa, maka mantra ini pun akan hadir dan eksis dipake oleh tiap-tiap anak yang akan bermain layang-layang.

Bagaimana dengan daerah Anda?


Trimakasih Kawan budaya telah membaca dan menyimak Mantra Memanggil Angin Versi Orang Jawa

Indah dan kaya bukan budaya kita ini yang terutama di bumi nuswantoro ini dan semoga dengan hadirnya Mantra Memanggil Angin Versi Orang Jawa . Dapat membuat kita lebih banggga dan semangat lagi untuk melestarikan dan mengembangkan budaya nuswantoro ini. Ingatlah bahwa budaya kita ini adalah budaya dan peradaban yang luhur jangan sampai kita lengah dan diakui oleh bangsa lain. Salam Budaya Nuswantoro buat kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mantra Memanggil Angin Versi Orang Jawa "

Posting Komentar