4 Tari Tradisional Batak Toba (Sumut)

4 Tari Tradisional Batak Toba (Sumut) -Kawan budaya Tradisi Nuswantoro kebudayaan atau tradisi sebuah bangsa merupakan sebuah jati diri bangsa. Karena dengan adanya tradisi kita tahu siapa kita sebenarnya dan dari mana kita berasal. Budaya dan tradisi Nusantara atau Nuswantoro sangatlah banyak. Dari segi bahasa pakain kuliner sampai dengan upacara keagamaan ada semua di bumi Nuswantoro ini.Sehingga kami ingin mengajak kawan budaya untuk lebih mengenal 4 Tari Tradisional Batak Toba (Sumut) dan tahu akan lebih banyak tentang seluk beluknya.

Kita wajib untuk mengetahui akan semua itu. Karena kita bangsa yang besar dan Bangsa yang besar selalu menghargai akan budaya dan tradisi serta sejarahnya. Jangan sampai kita tidak tahu tentang 4 Tari Tradisional Batak Toba (Sumut). Bisa jadi esok atau lusa kita tidak akan pernah mengenal atau melihatnya jika bukan kita yang melestarikan budaya dan tradisi nuswantoro ini.



Untuk menambah wawasan kita tentang budaya dan tradisi nuswantoro berikut artikel yang lainya



4 Tari Tradisional Batak Toba (Sumut) | www.tradisinuswantoro.my.id. Suku Batak Toba adalah merupakan bagian dari suku Batak. Keberadaan suku Batak Toba terdapat di Kabupaten Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Samosir, Tapanuli Utara, sebagian Kabupaten Dairi, Kabupaten Tapanuli Tengah, dan Kota Simbolga.

Suku Batak Toba memiliki tari tradisional yang unik berupa tari tor-tor. Melalui laman nationalgeographic.co.id seorang tokoh seni (pendiri sanggar seni tor-tor) Togarma Naibaho menjelaskan, kata "Tor-tor" berasal dari suara entakan kaki penarinya di atas papan rumah adat Batak. Penari bergerak dengan iringan Gondang yang juga berirama mengentak. Adapun tujuan tarian tor-tor ini dulu untuk upacara kematian, panen, penyembuhan, dan pesta muda-mudi. Dan tarian ini memiliki proses ritual yang harus dilalui. Tari tor-tor pun memiliki tiga pesan utama. Pesan pertama adalah menunjukan rasa takut dan taat pada Tuhan, sebelum tari dimulai harus ada musik persembahan pada Yang Maha Esa. Kemudian dilanjutkan pesan ritual untuk leluhur dan orang-orang masih hidup yang dihormati. Terakhir, pesan untuk khalayak ramai yang hadir dalam upacara. Barulah dilanjutkan ke tema apa dalam upacara itu.

Dan berikut ini 4 macam jenis tari tor-tor yang merupakan tarian tradisional Suku Batak Toba dari Sumatera Utara yang dikutip dari laman http://www.pariwisatasumut.net :

1.  Tari Tradisional Batak Toba (Sumut) - Tor-Tor Sawan Panguras





2.  Tari Tradisional Batak Toba (Sumut) - Tor-Tor Somba





3.  Tari Tradisional Batak Toba (Sumut) - Tor-Tor Tunggal Panaluan



Tor tor Tunggal Panaluan adalah tari tor-tor yang sangat sakral bagi orang Batak. Karena menurut orang Batak, tari tor-tor tunggal panaluan ini merupakan media manusia dengan Mulajadi Nabolon ( Yang Maha Kuasa).
Tor-tor Tunggal Panaluan dilaksanakan seorang dukun (Datu Bolon) atas perintah Sang Raja dengan tujuan untuk menolak bala, meminta atau menolak hujan, mengangkat pemimpin atau seorang raja, membentuk kampung baru atau mengambil keputusan untuk berperang.



4.  Tari Tradisional Batak Toba (Sumut) - Tor-Tor Sipitu Cawan





Demikian Sobat tradisinuswantoro, 4 Tari Tradisional dari Suku Batak Toba Sumatera Utara. Semoga bermanfaat menambah referensi kebudayaan Asli Indonesia.


Trimakasih Kawan budaya telah membaca dan menyimak 4 Tari Tradisional Batak Toba (Sumut)

Indah dan kaya bukan budaya kita ini yang terutama di bumi nuswantoro ini dan semoga dengan hadirnya 4 Tari Tradisional Batak Toba (Sumut). Dapat membuat kita lebih banggga dan semangat lagi untuk melestarikan dan mengembangkan budaya nuswantoro ini. Ingatlah bahwa budaya kita ini adalah budaya dan peradaban yang luhur jangan sampai kita lengah dan diakui oleh bangsa lain. Salam Budaya Nuswantoro buat kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Tari Tradisional Batak Toba (Sumut)"

Posting Komentar