5 Senjata Tradisional Kalimantan Selatan

5 Senjata Tradisional Kalimantan Selatan -Kawan budaya Tradisi Nuswantoro kebudayaan atau tradisi sebuah bangsa merupakan sebuah jati diri bangsa. Karena dengan adanya tradisi kita tahu siapa kita sebenarnya dan dari mana kita berasal. Budaya dan tradisi Nusantara atau Nuswantoro sangatlah banyak. Dari segi bahasa pakain kuliner sampai dengan upacara keagamaan ada semua di bumi Nuswantoro ini.Sehingga kami ingin mengajak kawan budaya untuk lebih mengenal 5 Senjata Tradisional Kalimantan Selatan dan tahu akan lebih banyak tentang seluk beluknya.

Kita wajib untuk mengetahui akan semua itu. Karena kita bangsa yang besar dan Bangsa yang besar selalu menghargai akan budaya dan tradisi serta sejarahnya. Jangan sampai kita tidak tahu tentang 5 Senjata Tradisional Kalimantan Selatan. Bisa jadi esok atau lusa kita tidak akan pernah mengenal atau melihatnya jika bukan kita yang melestarikan budaya dan tradisi nuswantoro ini.



Untuk menambah wawasan kita tentang budaya dan tradisi nuswantoro berikut artikel yang lainya



5 Senjata Tradisional Kalimantan Selatan | tradisinuswantoro - Kalimatan Selatan adalah salah satu provinsi di Pulau Kalimantan, dengan ibukota Banjarmasin. Banyak tempat-tempat menarik yang bisa sobat kunjungi di Kalimantan Selatan, salah satun tempat tersebut adalah museum Lambung Mangkurat yang terletak di kota Banjarbaru. Banyak benda-benda sejarah didalam museum ini, mulai dari benda dan patung peninggalan zaman hindu, mata uang kuno hingga berbagai peralatan yang digunakan oleh masyarakat Banjar untuk melawan penjajah Belanda. 

Pada artikel kali ini, kita akan mengenal berbagai peralatn / senjata tradisional yang berasal dari Kalimata Selatan. Perkakas atau senjata tradisional ini digunaka oleh masyarakat Kalimantan Selatan untuk mempertahankan diri dari gangguan musuh atau binatang buas dan juga sebagai peralatan pertanian maupun berburu. 

Berikut daftar 5 senjata tradisional Kalimatan Selatan yang bisa Sobat ketahui :

1. Senjata Tradisional Kalimantan Selatan - Sungga


Sungga merupakan salah satu senjata yang digunakan oleh masyarakat pada Perang Banjar di daerah Benteng Gunung Madang, Kandangan, Hulu Sungai Selatan. Senjata ini dipasang di bawah jembatan yang dibuat sebagai jebakan, sehingga apabila dilalui oleh musuh (tentara Belanda), maka jembatan tersebut akan runtuh dan musuh yang jatuh tertancap pada sungga tersebut.


2. Senjata Tradisional Kalimantan Selatan - Mandau


Mandau adalah senjata tradisional suku dayak yang ada di Kalimantan, termasuk Kalimantan Selatan. Untuk mengetahui lebih detil mengenai senjat mandau ini, Sobat tradisi bisa mengunjungi halaman : Mandau, Senjata Tradisional Kalimantan Utara.


3. Senjata Tradisional Kalimantan Selatan - Sarapang

Sarapang secara umum merupakan senjata trisula atau tombak bermata tiga. Namun di Kalimantan Selatan Sarapang berbentuk tombak dengan mata tombak 5 buah yaitu 4 buah disisi dan 1 buah dipusat / ditengah.

Sarapang biasanya digunakan oleh masyarakat Kalimantan Selatan untuk berburu atau menangkap ikan-ikan besar.



4. Senjata Tradisional Kalimantan Selatan - Keris Banjar

Keris adalah merupakan senjata tradisional khas yang dibuat dari besi dan campuran logam. Panjang senjata keris ini sekitar 30 cm. Keris ini merupakan senjata yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia pada waktu lampau. Namun ukiran dan lekukan keris biasanya membedakan dari daerah mana keris tersebut berasal. Seperti halnya provinsi Kalimantan Selatan memiliki keris khas yang disebut dengan keris banjar .




5. Senjata Tradisional Kalimantan Selatan - Parang

Parang juga merupakan senjata yang sangat umum ditemukan di Indonesia. Parang merupakan senjata tradisional yang dibuat dari besi dengan bentuk pipih dan salah satu bilah sisinya tajam. Biasanya gagang parang yang berfungsi sebagai pegangan pengguna dibuat dari kayu.

Dalam kehidupan masyarakat Kalimatan Selatan, parang biasanya digunakan sebagai senjata dan alat rumah tangga sehari-hari, sebagai senjata berburu atau alat pertanian.

Demikian Sobat tradisi, 5 senjata tradisional Kalimantan selatan yang bisa kita kenal. Semoga bermanfaat...


Trimakasih Kawan budaya telah membaca dan menyimak 5 Senjata Tradisional Kalimantan Selatan

Indah dan kaya bukan budaya kita ini yang terutama di bumi nuswantoro ini dan semoga dengan hadirnya 5 Senjata Tradisional Kalimantan Selatan. Dapat membuat kita lebih banggga dan semangat lagi untuk melestarikan dan mengembangkan budaya nuswantoro ini. Ingatlah bahwa budaya kita ini adalah budaya dan peradaban yang luhur jangan sampai kita lengah dan diakui oleh bangsa lain. Salam Budaya Nuswantoro buat kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Senjata Tradisional Kalimantan Selatan"

Posting Komentar