Rumah Pohon Suku Korowai

Rumah Pohon Suku Korowai -Kawan budaya Tradisi Nuswantoro kebudayaan atau tradisi sebuah bangsa merupakan sebuah jati diri bangsa. Karena dengan adanya tradisi kita tahu siapa kita sebenarnya dan dari mana kita berasal. Budaya dan tradisi Nusantara atau Nuswantoro sangatlah banyak. Dari segi bahasa pakain kuliner sampai dengan upacara keagamaan ada semua di bumi Nuswantoro ini.Sehingga kami ingin mengajak kawan budaya untuk lebih mengenal Rumah Pohon Suku Korowai dan tahu akan lebih banyak tentang seluk beluknya.

Kita wajib untuk mengetahui akan semua itu. Karena kita bangsa yang besar dan Bangsa yang besar selalu menghargai akan budaya dan tradisi serta sejarahnya. Jangan sampai kita tidak tahu tentang Rumah Pohon Suku Korowai. Bisa jadi esok atau lusa kita tidak akan pernah mengenal atau melihatnya jika bukan kita yang melestarikan budaya dan tradisi nuswantoro ini.



Untuk menambah wawasan kita tentang budaya dan tradisi nuswantoro berikut artikel yang lainya



Selain rumah adat suku Dani yang dikenal dengan nama rumah Honai dan Ebe'ai, Papua masih memiliki rumah adat tradisional yang dapat ditemui pada suku Korowai. Suku Korowai ini tinggal dirumah tinggi / rumah pohon . Rumah tinggi atau rumah pohon ini memang dibangun diatas pohonyang cukup tinggi Sobat, tingginya mencapai  15-50 meter.

Untuk membangun sebuah rumah, dipilih pohon besar kokoh sebagai tiang utama. Lantainya terbuat dari cabang pohon. Kulit pohon sagu digunakan untuk membuat dinding. Atapnya dari daun hutan. Sedangkan untuk merangkai sebuah rumah, dipilih tali rotan yang kuat. Para penghuni rumah pohon dapat menjangkau rumah dengan menggunakan  tangga panjang yang disusun menjulai ke bawah. Sebelum menempati rumah itu, mereka akan melakukan ritual malam mengusir roh jahat.

Rumah pohon Suku Korowai dibangun diatas pohon dengan tujuan untuk menghindari gangguan binatang buas dan gangguan roh-roh jahat. Suku Korowai mempercayai, semakin tinggi rumah pohon yang mereka buat, maka semakin jauh dari gangguan roh-roh jahat.

Sobat penasaran dengan rumah pohon suku Korowai ini? Simak ya beberapa gambar berikut ini yang diambil dari situs http://www.goodnewsfromindonesia.org:





Demikian Sobat tradisi, sekilas informasi mengenai rumah pohon suku korowai, untuk menambah pengetahuan Sobat akan keberadaan rumah adat di Provinsi Papua.





Trimakasih Kawan budaya telah membaca dan menyimak Rumah Pohon Suku Korowai

Indah dan kaya bukan budaya kita ini yang terutama di bumi nuswantoro ini dan semoga dengan hadirnya Rumah Pohon Suku Korowai. Dapat membuat kita lebih banggga dan semangat lagi untuk melestarikan dan mengembangkan budaya nuswantoro ini. Ingatlah bahwa budaya kita ini adalah budaya dan peradaban yang luhur jangan sampai kita lengah dan diakui oleh bangsa lain. Salam Budaya Nuswantoro buat kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumah Pohon Suku Korowai"

Posting Komentar