Senjata Tradisional Jawa Barat

Senjata Tradisional Jawa Barat -Kawan budaya Tradisi Nuswantoro kebudayaan atau tradisi sebuah bangsa merupakan sebuah jati diri bangsa. Karena dengan adanya tradisi kita tahu siapa kita sebenarnya dan dari mana kita berasal. Budaya dan tradisi Nusantara atau Nuswantoro sangatlah banyak. Dari segi bahasa pakain kuliner sampai dengan upacara keagamaan ada semua di bumi Nuswantoro ini.Sehingga kami ingin mengajak kawan budaya untuk lebih mengenal Senjata Tradisional Jawa Barat dan tahu akan lebih banyak tentang seluk beluknya.

Kita wajib untuk mengetahui akan semua itu. Karena kita bangsa yang besar dan Bangsa yang besar selalu menghargai akan budaya dan tradisi serta sejarahnya. Jangan sampai kita tidak tahu tentang Senjata Tradisional Jawa Barat. Bisa jadi esok atau lusa kita tidak akan pernah mengenal atau melihatnya jika bukan kita yang melestarikan budaya dan tradisi nuswantoro ini.



Untuk menambah wawasan kita tentang budaya dan tradisi nuswantoro berikut artikel yang lainya



Senjata Tradisional merupakan perkakas yang dipergunakan oleh masyarakat Indonesia pada masa lalu. Senjata tradisional yang biasanya dibuat dari bahan yang ditemukan dari alam ini biasanya dipergunakan sebagai alat pertahanan diri / perlindungan dari serangan musuh atau binatang buas. Selain itu senjata tradisional juga dipergunakan sebagai alat untuk kegiatan berladang maupun berburu. Pada saat ini senjata tradisional lebih berfungsi sebagai identitas suatu bangsa yang menjadi khasanah dan kekayaan budaya. Tak hanya itu, bahkan senjata tradisional juga memiliki falsafah yang tersirat dibalik fisiknya sebagai senjata / perkakas.

Senjata tradisional Jawa Barat banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bahkan salah satu senjata tradisional Jawa Barat yaitu kujang, menjadi simbol khas daerah Jawa Barat. Dan berikut ini adalah senjata tradisional yang berasal dari Jawa Barat :

1. Senjata Tradisional Jawa Barat - Kujang


Kujang adalah senjata tradisional dari Jawa Barat yang bentuknya unik dengan panjang sekitar 20 - 25 cm. Bahan pembuat kujang adalah dari besi, baja dan bahan pamor (baja putih yang ditempatkan pada bilah keris dan sebagainya). Pertamakali mulai dibuat pada abad ke 8 - 9, namun demikian ada beberapa pihak yang menyatakan kemungkinan bahwa kujang telah dipakai sebelum itu yang didasarkan pada kemungkinan teoritis terhadap bentuk kujang itu sendiri.

Senjata kujang ini merefleksikan ketajaman dan daya kritis dalam kehidupan juga melambangkan kekuatan dan keberanian untuk melindungi hak dan kebenaran. Menjadi ciri khas, baik sebagai senjata, alat pertanian, perlambang, hiasan, ataupun cindera mata.

Dilihat dari bentuk dan ragamnya, kujang dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:
  1. Kujang ciung (kujang yang bentuknya menyerupai burung ciung)
  2. Kujang jago (kujang yang bentuknya menyerupai ayam jago)
  3. Kujang kuntul (kujang yang bentuknya menyerupai burung kuntul)
  4. Kujang bangkong (kujang yang bentuknya menyerupai bangkong (kodok))
  5. Kujang naga (kujang yang bentuknya menyerupai ular naga)
  6. Kujang badak (kujang yang bentuknya menyerupai badak); dan 
  7. Kudi (pakarang dengan bentuk yang menyerupai kujang namun agak “kurus”). 
 Sedangkan, apabila dilihat dari fungsinya kujang dapat pula dibagi menjadi beberapa macam, yaitu:
  1. Kujang sebagai pusaka (lambang keagungan seorang raja atau pejabat kerajaan)
  2. Kujang sebagai pakarang (kujang yang berfungsi sebagai senjata untuk berperang);
  3. Kujang sebagai pangarak (alat upacara); dan 
  4. Kujang pamangkas (kujang yang berfungsi sebagai alat dalam pertanian untuk memangkas, nyacar, dan menebang tanaman).
Kujang yang tergolong lengkap umumnya terdiri dari beberapa bagian, yaitu:
  • Papatuk atau congo, yaitu bagian ujung yang runcing yang digunakan untuk menoreh atau mencungkil; 
  • Eluk atau siih, yaitu lekukan-lekukan pada badan kujang yang gunanya untuk mencabik-cabik tubuh lawan; 
  • Waruga yaitu badan atau wilahan kujang; 
  • Mata yaitu lubang-lubang kecil yang terdapat pada waruga yang jumlahnya bervariasi, antara 5 hingga 9 lubang. Sebagai catatan, ada juga kujang yang tidak mempunyai mata yang biasa disebut sebagai kujang buta; 
  • Tonggong, yaitu sisi tajam yang terdapat pada bagian punggung kujang; 
  • Tadah, yaitu lengkung kecil pada bagian bawah perut kujang; 
  • Paksi, yaitu bagian ekor kujang yang berbentuk lancip; 
  • Selut, yaitu ring yang dipasang pada ujung gagang kujang; 
  • Combong, yaitu lubang yang terdapat pada gagang kujang; 
  • Ganja atau landaian yaitu sudut runcing yang mengarah ke arah ujung kujang; 
  • Kowak atau sarung kujang yang terbuat dari kayu samida yang memiliki aroma khas dan dapat menambah daya magis sebuah kujang; dan 
  • Pamor berbentuk garis-garis (sulangkar) atau bintik-bintik (tutul) yang tergambar di atas waruga kujang. Sulangkar atau tutul pada waruga kunjang, disamping sebagai penambah nilai artistik juga berfungsi untuk menyimpan racun

2. Senjata Tradisional Jawa Barat - Baliung

Baliung adalah alat untuk menebang pohon besar atau sebagai salah satu perkakas untuk membangun rumah. Di daerah lain disebut juga kapak/patik. Gagangnya terbuat dari kayu yang agak panjang (30-35 cm). Tenaga dan daya tekan Baliung harus lebih besar dari pada bedog, dan karena itu dibuat dari besi baja yang lebih besar dan tebal pada bagian pangkal (bagian yang tumpulnya).



3. Senjata Tradisional Jawa Barat - Bedog

Bedog adalah salah satu senjata tradisional berupa pisau besar (golog) yang berfungsi untuk memotong ( tuktak-teukteuk), membelah kayu, menebang pohon (nuar) menyembelih dan memotong daging hewan serta peralatan untuk bekerja di kebun. Secara umum terdapat beberapa jenis Bedog yang didasarkan pada fungsinya antara lain :
  • Bedog gagaplok yang berfungsi untuk memotong / menyabit di kebun
  • Bedog pameuncitan digunakan untuk menyembelih hewan
  • Bedog Pamoroan digunakan untuk berburu (survival golok)
  • Bedog jonggol atau bedog hambalan digunakan untuk mengupas kelapa
  • Bedog Pamugeulan digunakan untuk menebang pohon
  • Bedog Sotogayot digunakan untuk memotong bilah bambu dan material bambu lainnya (nyisit awi pibilikeun)
Pada umumnya bedog memiliki bilah dengan panjang sekitar 30 cm sampai dengan 40 cm, namun ada pula bilah golok yang berukuran pendek atau kurang dari 30 cm. Bagian dari bedog antara lain :
  • Perah (gagang), 
  • Wilah (bilah) yaitu bagian utama dari bedog yang terbuat dari besi dan baja. Wilah ini biasanya terdiri dari buntut paksi (pangkal bedog yang ditancapkan pada perah/gagang, beuteung (bagian yang tajam) dan tonggong (bagian yang tumpul). Sedangkan ujung wilah disebut dengan congo.
  • Sarangka (sarung).


Selain dari senjata tradisional Jawa Barat yang telah tersebut diatas, masih ada beberapa senjata tradisional yang digunakan oleh masyarakat sunda, hal ini tercatat dalam lembar ke XVII naskah Sanghyang Siksakanda ng Karesian : Senjata sang prabu ialah: pedang, abet (pecut), pamuk, golok, peso teundeut, keris - Senjata orang tani ialah: kujang, baliung, patik, kored, pisau sadap - Senjata sang pendeta ialah: kala katri, peso raut, peso dongdang, pangot, pakisi"

Demikian sobat tradisi, beberapa senjata tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Terimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat.

Referensi :
http://uun-halimah.blogspot.com
https://kaneron.wordpress.com
https://goloksunda.wordpress.com/


Trimakasih Kawan budaya telah membaca dan menyimak Senjata Tradisional Jawa Barat

Indah dan kaya bukan budaya kita ini yang terutama di bumi nuswantoro ini dan semoga dengan hadirnya Senjata Tradisional Jawa Barat. Dapat membuat kita lebih banggga dan semangat lagi untuk melestarikan dan mengembangkan budaya nuswantoro ini. Ingatlah bahwa budaya kita ini adalah budaya dan peradaban yang luhur jangan sampai kita lengah dan diakui oleh bangsa lain. Salam Budaya Nuswantoro buat kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Senjata Tradisional Jawa Barat"

Posting Komentar