Lirik Lagu Daerah Sulawesi Barat

Lirik Lagu Daerah Sulawesi Barat -Kawan budaya Tradisi Nuswantoro kebudayaan atau tradisi sebuah bangsa merupakan sebuah jati diri bangsa. Karena dengan adanya tradisi kita tahu siapa kita sebenarnya dan dari mana kita berasal. Budaya dan tradisi Nusantara atau Nuswantoro sangatlah banyak. Dari segi bahasa pakain kuliner sampai dengan upacara keagamaan ada semua di bumi Nuswantoro ini.Sehingga kami ingin mengajak kawan budaya untuk lebih mengenal Lirik Lagu Daerah Sulawesi Barat dan tahu akan lebih banyak tentang seluk beluknya.

Kita wajib untuk mengetahui akan semua itu. Karena kita bangsa yang besar dan Bangsa yang besar selalu menghargai akan budaya dan tradisi serta sejarahnya. Jangan sampai kita tidak tahu tentang Lirik Lagu Daerah Sulawesi Barat. Bisa jadi esok atau lusa kita tidak akan pernah mengenal atau melihatnya jika bukan kita yang melestarikan budaya dan tradisi nuswantoro ini.



Untuk menambah wawasan kita tentang budaya dan tradisi nuswantoro berikut artikel yang lainya



Provinsi Sulawesi Barat terbentuk pada tanggal 5 Oktober 2004 yang merupakan pemekaran dari Provinsi Sulawesi Selatan berdasarkan UU No. 26 Tahun 2004. Ibu kota provinsi Sulawesi Barat terletak di Mamuju. Sedangkan suku adat yang ada di Provinsi Sulawesi Barat antara lain : Suku Mandar (49,15%), Toraja (13,95%), Bugis (10,79%), Jawa (5,38%), Makassar (1,59%) dan suku lainnya (19,15%).

Untuk lagu daerah dari Provinsi Sulawesi Barat masih jarang ditemukan, namun dari beberapa sumber kami mencoba merangkum lirik lagu daerah dan lagu populer daerah yang berasal dari Sulawesi Barat antara lain seperti dibawah ini :


1. Lirik Lagu Daerah Sulawesi Barat - Tenggang-tenggang lopi


Tenggang tenggang lopi
Lopinna i anak kodra
Anak kodra di panja’ja’
Di panja’ja, uluanna

Uluanna lepa-lepa
Lepa-lepa lambang liwang
Lambang liwang di lallute’
Mapparotton tinja’na.

Polea’, polea’ liwang
natoana ma’ dro’mai
tedrong lotong tammettandu’
apa’ mokadra ma’ande.’

Polea’, polea’ liwang
natoana ma’ dro’mai
tedrong lotong tammettandu’
apa’ mokadra ma’ande.


2. Lirik Lagu Daerah Sulawesi Barat - Panawar Saliliu

Tanna ratang sukku'na
cinnau dziwatammu
tannaratang kalepunna
sayanggu mating

Iyau nauwwa toa
i'o dzi pa'mai' u
tammalama' na lele
ditau laeng

Sayanggu mating
sayang tongatongan ho...

sayanggu mating 
sayang tongatongan ho...

I'o simata i'o
usenga' u salili
I'o simata i'o
monayo dzipa' mai' u

I'o simata i'o
panawar salili'u
I'o simata i'o
Rannunna nyawau




Demikian Sobat, 2 buah lagu dari daerah Sulawesi Barat. Kami akan berusaha menambah koleksi lagu dari daerah Sulawesi Barat ini. Semoga bermanfaat.


Trimakasih Kawan budaya telah membaca dan menyimak Lirik Lagu Daerah Sulawesi Barat

Indah dan kaya bukan budaya kita ini yang terutama di bumi nuswantoro ini dan semoga dengan hadirnya Lirik Lagu Daerah Sulawesi Barat. Dapat membuat kita lebih banggga dan semangat lagi untuk melestarikan dan mengembangkan budaya nuswantoro ini. Ingatlah bahwa budaya kita ini adalah budaya dan peradaban yang luhur jangan sampai kita lengah dan diakui oleh bangsa lain. Salam Budaya Nuswantoro buat kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lirik Lagu Daerah Sulawesi Barat"

Posting Komentar