Rumah Adat dari Kepulauan Riau

Rumah Adat dari Kepulauan Riau -Kawan budaya Tradisi Nuswantoro kebudayaan atau tradisi sebuah bangsa merupakan sebuah jati diri bangsa. Karena dengan adanya tradisi kita tahu siapa kita sebenarnya dan dari mana kita berasal. Budaya dan tradisi Nusantara atau Nuswantoro sangatlah banyak. Dari segi bahasa pakain kuliner sampai dengan upacara keagamaan ada semua di bumi Nuswantoro ini.Sehingga kami ingin mengajak kawan budaya untuk lebih mengenal Rumah Adat dari Kepulauan Riau dan tahu akan lebih banyak tentang seluk beluknya.

Kita wajib untuk mengetahui akan semua itu. Karena kita bangsa yang besar dan Bangsa yang besar selalu menghargai akan budaya dan tradisi serta sejarahnya. Jangan sampai kita tidak tahu tentang Rumah Adat dari Kepulauan Riau. Bisa jadi esok atau lusa kita tidak akan pernah mengenal atau melihatnya jika bukan kita yang melestarikan budaya dan tradisi nuswantoro ini.



Untuk menambah wawasan kita tentang budaya dan tradisi nuswantoro berikut artikel yang lainya



Rumah adat di Indonesia memang bermacam-macam, dari Sabang sampai Merauke memiliki kekayaan rumah adat yang beragam bentuk maupun fungsinya. Seperti kita ketahui bahwa Indonesia memiliki beragam suku adat, setiap suku adat tersebut memiliki kekhasan budaya termasuk rumah adatnya.

Pembuatan konstruksi rumah adat banyak dipengaruhi oleh beragam kepercayaan masyarakat dan kondisi alamnya.

Kepulauan Riau yang mayoritas berpenduduk adat melayu, juga memiliki rumah adat yang disebut dengan rumah belah bubung. Selain rumah belah bubung, rumah adat dari Kepualauan Riau ini juga disebut dengan rumah rabung atau rumah bubung melayu.

Rumah belah bubung pada umumnya sama dengan rumah panggung yang memiliki tinggi sekitar 2 meter dari permukaan tanah serta memiliki beberapa tiang penyangga.  Rumah bubung memiliki atap yang mirip dengan pelana kuda.

Ruangan yang ada dalam rumah bubung terbagi menjadi 4 bagian yaitu selasar, ruang induk, ruang penghubung dapur, dan dapur. Rumah Belah Bubung dibuat dengan bahan dasar yaitu kayu yang dibuat melalui beberapa tahapan dan perhitungan tertentu, dengan tujuan agar penghuni rumah akan terhindar dari kesialan.

Ukuran rumah belah bubung berbeda-beda menunjukan tingkat ekonomi pemiliknya. Semakin besar ukuran rumah belah bubung, menunjukan semakin kuat pula kemampuan ekonomi pemiliknya.

Berdasarkan bentuk atapnya, rumah belah bubung dibedakan menjadi :

  • Rumah Lipat Pandan (atapnya curam)
  • Rumah Lipat Kajang (atapnya agak mendatar)
  • Rumah Atap Layar (disebut juga Ampar Labu, bagian bawah atap ditambah dengan atap lain)
  • Rumah Perabung Panjang (perabung atapnya sejajar dengan jalan raya)
  • Rumah Perabung Melintang (perabung atapnya tidak sejajar dengan jalan)
Berikut gambar Rumah Belah Bubung :

Demikian Sobat tradisinuswantoro, penjelasan mengenai rumah belah bubung yang merupakan rumah adat dari Kepulauan Riau.

Referensi dan Sumber Gambar : id.wikipedia.org


Trimakasih Kawan budaya telah membaca dan menyimak Rumah Adat dari Kepulauan Riau

Indah dan kaya bukan budaya kita ini yang terutama di bumi nuswantoro ini dan semoga dengan hadirnya Rumah Adat dari Kepulauan Riau. Dapat membuat kita lebih banggga dan semangat lagi untuk melestarikan dan mengembangkan budaya nuswantoro ini. Ingatlah bahwa budaya kita ini adalah budaya dan peradaban yang luhur jangan sampai kita lengah dan diakui oleh bangsa lain. Salam Budaya Nuswantoro buat kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumah Adat dari Kepulauan Riau"

Posting Komentar