Mengenal Lipaq Saqbe, Sarung Khas Mandar

Mengenal Lipaq Saqbe, Sarung Khas Mandar -Kawan budaya Tradisi Nuswantoro kebudayaan atau tradisi sebuah bangsa merupakan sebuah jati diri bangsa. Karena dengan adanya tradisi kita tahu siapa kita sebenarnya dan dari mana kita berasal. Budaya dan tradisi Nusantara atau Nuswantoro sangatlah banyak. Dari segi bahasa pakain kuliner sampai dengan upacara keagamaan ada semua di bumi Nuswantoro ini.Sehingga kami ingin mengajak kawan budaya untuk lebih mengenal Mengenal Lipaq Saqbe, Sarung Khas Mandar dan tahu akan lebih banyak tentang seluk beluknya.

Kita wajib untuk mengetahui akan semua itu. Karena kita bangsa yang besar dan Bangsa yang besar selalu menghargai akan budaya dan tradisi serta sejarahnya. Jangan sampai kita tidak tahu tentang Mengenal Lipaq Saqbe, Sarung Khas Mandar. Bisa jadi esok atau lusa kita tidak akan pernah mengenal atau melihatnya jika bukan kita yang melestarikan budaya dan tradisi nuswantoro ini.



Untuk menambah wawasan kita tentang budaya dan tradisi nuswantoro berikut artikel yang lainya



Mengenal Lipaq SaqBe, Sarung Khas Mandar | tradisinuswantoro.my.id - Pada artikel kemarin kita sudah mengenal beberapa maca baju adat Sulawesi Barat, diantaranya yang dipergunakan sebagai kostum beberapa tarian hingga menengok kain ikat sekomandi yang eklusif dan menjadi motif kain ikat tertua didunia, serta langka karena semakin sedikit yang bisa membuat tenun ikat sekomandi tersebut.

Selain tenun ikat sekomandi yang merupakan tradisi suku Kalumpang di desa kondobulo dan karataun kecamatan Kalumpang Kabupaten Mamuju, di Provinsi Sulawesi Barat juga kita akan megenal motif sarung Lipa Sa'Be

Setiap pakaian adat suku Mandar tidak lepas dari lipa saqbe. Disamping adalah foto contoh pakaian adat suku Mandar dengan menggunakan sarung khas mandar yaitu lipa saqbe (nama lipa saqbe yang digunakan adalah Sure' Padzadza).

Lipa Saqbe Mandar (Sarung Sutra Mandar) sepintas memiliki persamaan dengan kain sutra daerah lain, tapi di setiap jenis dan nama Lipa Saqbe Mandar memiliki ciri khas khusus yakni dari segi corak (sure' ataupun bunga) dan cara pembuatannya, yang membuatnya terkenal ke daerah sekitarnya (bugis dan makassar).

Posisi coraknya itu tidak sembarangan, karena penciptaan motif (sure' ataupun bunga) punya peruntukan masing-masing berdasarkan standar ekonomi, sosial budaya, agama, dan juga strata sosial seseorang.

Saat ini terdapat 2 jenis Lipa Sa'be bila ditinjau dari motifnya yaitu Sure dan Bunga. Perbedaannya, Sure' yaitu lipa sa'be yang merupakan motif asli dari sarung sutra mandar, ciri-cirinya tidak memiliki hiasan/bunga yang membuatnya mencolok. Sedangkan Bunga yaitu lipa sa'be yang memiliki motif dan hiasan berupa bunga ataupun lainnya, yang merupakan turunan dari sure agar lipa sa'be tampak lebih cantik.

Lipa Sa'be bermotif sure

Lipa Sa'be bermotif bunga
 Contoh-contoh Lipa Sa'be Mandar :

Demikian Sobat tradisi kekayaan dan keindahan Lipa Sa'be, Sarung Khas Mandar Sulawesi Barat. Sampai berjumpa pada artikel tentang pakaian adat selanjutnya.

Sumber : http://kampung-mandar.web.id/artikel/lipa-saqbe.html


Trimakasih Kawan budaya telah membaca dan menyimak Mengenal Lipaq Saqbe, Sarung Khas Mandar

Indah dan kaya bukan budaya kita ini yang terutama di bumi nuswantoro ini dan semoga dengan hadirnya Mengenal Lipaq Saqbe, Sarung Khas Mandar. Dapat membuat kita lebih banggga dan semangat lagi untuk melestarikan dan mengembangkan budaya nuswantoro ini. Ingatlah bahwa budaya kita ini adalah budaya dan peradaban yang luhur jangan sampai kita lengah dan diakui oleh bangsa lain. Salam Budaya Nuswantoro buat kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Lipaq Saqbe, Sarung Khas Mandar"

Posting Komentar